Nilai Klaim ACA Mengecewakan

Pada bulan Oktober 2007, saya mengasuransikan mobil (Suzuki Karimun) selama dua tahun di Asuransi Central Asia (ACA) dengan pertanggungan all risk. Waktu itu agen ACA yang memperkenalkan diri sebagai Bapak Melki (ternyata bukan nama sebenarnya—nama sebenarnya Yo- hannes) menjanjikan bahwa seluruh klaim akan cepat diatasi dan berhak mendapatkan mobil pengganti cukup dengan membayar own risk (OR) sebesar Rp 100.000.

Setahun berlalu, pada tanggal 10 September pukul 09.00 betapa kaget ketika saya mendapat laporan bahwa mobil di tempat parkir kantor dalam kondisi mesin mati setelah satu jam parkir tiba-tiba terbakar di bagian kemudi dan mengepulkan asap. Beruntung kebakaran cepat diatasi sehingga kerusakan yang terjadi dapat dilokalisasi. Kemudian secepatnya saya menghubungi ACA untuk melapor kejadian (diterima petugas bagian klaim, Bapak Sofyan).

Setelah mendengar laporan, di luar dugaan dengan sangat cepat yang bersangkutan menyimpulkan bahwa kejadian tersebut tidak termasuk risiko yang dijamin dengan alasan aus karena pemakaian. Saya bersikukuh kejadian tersebut sama sekali tidak disebabkan oleh pemakaian. Keesokan harinya (Kamis, 11/9) dianjurkan agar mobil dibawa ke bengkel yang ditunjuk ACA untuk disurvei dengan ongkos derek sebesar Rp 500.000 menjadi beban saya. Saya menolak dan meminta agar petugas ACA langsung menyurvei di tempat kejadian.

Setelah berdebat maka pada hari ketiga baru petugas survei (Bapak Suhandi) datang dan akhirnya dinyatakan bahwa klaim dapat di-cover. Namun, setelah masuk ke bengkel masalah berlanjut, yaitu surat perintah kerja (SPK) dari pihak ACA yang menjadi dasar bengkel untuk melakukan pekerjaan. Baru pada hari kesebelas (Jumat, 19/9) SPK diterbitkan yang menyebutkan harga mobil di bawah standar maka risiko diterapkan secara prorata dengan rasio 31:69. Artinya saya harus membayar 31 persen dari biaya perbaikan mobil!
HUSAIN KAMAL Jalan Ampera Raya RT 005 RW 010, Pasar Minggu, Jakarta

Sumber : Kompas

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.

