Jalan Rusak Parah, Angkutan Darat di Kaltim Tidak Berfungsi

Jalan provinsi yang menghubungkan Samarinda hingga ke wilayah utara Kalimantan Timur sangat buruk. Beberapa tahun lalu para pejabat setempat pernah mengadakan kunjungan off road melintasi jalan provinsi tersebut dari kota Samarinda hingga ke Kecamatan Simenggaris di wilayah Kabupaten Nunukan.

Akan tetapi, kunjungan tersebut hanya perjalanan simbolis belaka dan hanya merupakan pembuktian formalitas bahwa jalan tersebut telah ada, tetapi kenyataannya tidak sebaik yang digembar-gemborkan. Selama ini warga Kalimantan Timur yang tinggal di wilayah utara menggunakan kapal laut yang tidak setiap hari ada dan pesawat udara yang harganya sangat mahal untuk melakukan perjalanan dengan tujuan Samarinda atau Balikpapan karena tidak tersedia jalan darat.

Jalan poros Samarinda-Simenggaris yang direncanakan sejak lama merupakan hal yang tidak bisa ditawar lagi. Masyarakat Kalimantan Timur sangat mengharapkan jalan tersebut benar-benar dibangun secara nyata. Berbagai pihak memang selalu mengeluhkan kondisi tanah gambut yang menjadi kendala dalam pengaspalan. Namun, seiring perkembangan teknologi tentu hal ini dapat diatasi.

Pemerintah diharapkan tidak hanya melakukan pembangunan infrastruktur di Pulau Jawa, tetapi juga harus melakukan hal yang sama di Kalimantan Timur. Jika jalan provinsi benar-benar ada dan layak pakai tentu sangat memudahkan warga tidak hanya untuk bepergian, tetapi mampu menggiatkan sektor perekonomian di Kalimantan Timur.
RANGGA MAHENDRA Jalan Pahlawan RT 08, Nunukan, Kalimantan Timur

Sumber : Kompas

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.

%d bloggers like this: