Tergiur Harga Murah ”Notebook”

Bukan untuk pertama kali saya menggunakan notebook. Sudah berbagai merek saya beli dan pergunakan. Pada April 2007 tergiur dengan harga murah, saya membeli notebook Zyrex Cruiser (EFP 420) dalam kondisi baru. Selama setahun nyaris tidak ada masalah karena menggunakannya secara hati-hati. Namun, setelah melewati masa garansi satu tahun, notebook tersebut mulai bermasalah. Layar LCD mengalami gangguan.

Pada awal Agustus 2008 ketika saya meminta pihak Zyrex memperbaiki, hasilnya sangat mengejutkan. Saya kaget karena biaya perbaikan LCD mencapai Rp 4,2 juta. Panel LCD harus diganti. Dengan biaya sebesar itu, sama saja membeli notebook baru. Dengan perasaan sedih, saya terpaksa memakai notebook itu dengan bantuan monitor eksternal. Dan tentu notebook tersebut sudah berubah fungsinya karena menjadi tidak portable lagi.

Memang dibandingkan dengan merek-merek notebook lain, harga Zyrex lebih murah sekitar 20 persen daripada merek-merek terkenal. Namun, merek-merek terkenal umur pemakaiannya bisa lebih dari empat tahun. Jika ada kerusakan hanya kecil yang tidak fatal. Serta harga perbaikannya juga tidak mahal. Bersiap-siaplah untuk menghitung anggaran jika membeli notebook murah karena usia pakai hanya didesain untuk 1 tahun 2 bulan.
Andika Witono YP Saint John Wisma Pede Lantai 5 Jalan MT Haryono, Jakarta

Sumber : Kompas

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.

%d bloggers like this: