Tarif Telkomsel Tidak Adil

Saya pelanggan kartu Halo sejak Mei 2004, dan akhir- akhir ini mengamati bahwa Telkomsel berlaku tidak adil bagi pelanggan terutama pengguna kartu Halo. Dulu saya tertarik menggunakan kartu Halo karena tarif yang ditawarkan lebih murah dibandingkan dengan pelanggan prabayar.

Namun, karena keinginan mendapatkan pelanggan yang banyak, tidak ingin kehilangan pelanggan akibat perang tarif, Telkomsel akhirnya menetapkan tarif yang lebih murah kepada pelanggan simPati dan KartuAS. Celakanya buat pelanggan, karena rupanya strategi dagang Telkomsel, yakni menarik pelanggan dulu sebanyak mungkin baru kemudian mereka—jika berkenan— akan meningkatkan kapasitas jaringan. Hal yang saya alami ketika berlangganan Telkomsel Flash unlimited, di mana Telkomsel melakukan strategi dagang yang sama.

Sejak berlakunya tarif per detik pada pelanggan simPati, jaringan Telkomsel selalu amburadul yang walaupun sering dilaporkan tetap tidak ada penanganan dari pihak Telkomsel sebagai provider. Kerugian sebagai pelanggan setia pascabayar dapat saya ilustrasikan berikut ini. Sebagai gambaran saja tarif SMS Kartu Halo (di luar PPn) ke sesama operator Rp 125, sementara pada pelanggan simPati Rp 100 (sudah termasuk PPn) belum lagi untuk pelanggan kartu AS yang harganya Rp 20.

Untuk tarif menelepon untuk pelanggan Halo Hybrid Rp 10 per detik ke sesama Telkomsel sedangkan pelanggan simPati Rp 0,5 per detik (00.00-05.59). Sebagai pelanggan, saya rela membayar tarif lebih mahal dari pelanggan prabayar asal disertai dengan kualitas jaringan yang baik. Sekarang jangankan SMS yang sering terlambat sampai ke nomor tujuan, dan ketika menelepon pun harus bersabar karena harus mencoba berkali-kali agar bisa nyambung ke nomor tujuan.

Meski prinsip berdagang adalah menarik keuntungan sebanyak-banyaknya, tolong Telkomsel jangan mengabaikan hak pelanggan.

Afwan Purwanto Jalan Toddopuli 18 Nomor 7 A, Makassar, Sulsel

http://cetak.kompas.com/read/xml/2008/10/18/0044014/redaksi.yth

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.

%d bloggers like this: