Berubah Istilah Jurusan S-1 Terkendala Melamar Kerja

Sabtu, 18 Oktober 2008 | 00:44 WIB

Tahun 2008 perguruan tinggi mengubah atau menyesuaikan istilah beberapa jurusan. Seperti administrasi niaga = bisnis, dan negara = publik dengan SK Mendiknas Nomor: 116/D/O/2006. Administrasi (adm) bisnis mewadahi adm niaga, dan adm publik mewadahi adm negara jenjang program sarjana (S-1). Di PT Amerika Serikat ada jurusan public administration (adm publik), sedangkan di Indonesia telanjur terkenal dengan adm negara.

Indonesia senang dengan perubahan, mungkin di lain waktu jurusan administrasi publik jadi administrasi politik karena jurusan ini berada di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik/Fisip. Salah satu tujuan pembaruan istilah itu untuk memperluas jangkauan, misalnya adm publik bisa ke instansi pemerintah dan swasta. Ternyata perubahan ini menjadi kendala bagi sarjana alumni 2008 melamar pekerjaan karena banyak instansi pemerintah dan swasta tidak memahami atau belum mengetahui.

Penerimaan pendaftaran ujian atau tes CPNS ada yang membuat pengumuman pola lama adm negara, pola baru disesuaikan adm negara/publik, dan pola baru dibedakan adm negara, adm publik. Umpamanya di Depdiknas yang diumumkan ada formasi untuk adm negara diberi kode nomor 5036. Adm publik 5038 hanya dimunculkan dalam buku pedoman Depdiknas. Pelamar S-1 adm publik yang datang mendaftar di Pusdiklat Depdiknas, Sawangan, Depok, hari pertama dan kedua (25-26/9/08) ditolak. Bayangkan kalau pelamar dari provinsi lain, lumayan uang terbuang percuma.

Yang berupaya menghubungi Biro Kepegawaian Depdiknas (26/9) di kantor pusat, Senayan, Jakarta, diberi kesempatan mendaftar pada hari terakhir (27/9) dengan membawa sepotong surat isinya sebagai berikut: S-1 adm publik yang berminat melamar untuk mengisi formasi kualifikasi adm negara harap diterima sepanjang kualifikasi tersebut ”serumpun” dengan menambahkan nomor 5038. Ini baru satu departemen yang satu atap, bagaimana dengan instansi lain yang sedang dan akan melakukan rekrutmen?

Harapan saya sebagai orangtua, kebetulan anak saya alumnus tahun ini, dengan perubahan nama jurusan itu hendaknya ia tidak lagi terkendala ketika melamar pekerjaan.

M Kasir Sihotang Jalan Wibawa Mukti IV/15, Jatimekar, Jatiasih, Bekasi

http://cetak.kompas.com/read/xml/2008/10/18/0044014/redaksi.yth

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.

%d bloggers like this: